Kamis, 18 Agustus 2016

PASANG PENANGKAL PETIR BALI



CV BUANA JAYA TEKNIK perusahaan yang bergerak dalam instalasi penangkal petir yang meliputi jasa pemasangan   penangkal petir, supply alat penangkal petir, supply kabel penghantar penangkal petir, pelayanan grounding system, perbaikan instalasi penangkal petir yang suadah terpasang dan perijinan instalasi penangkal petir . CV BUANA JAYA TEKNIK hadir untuk melayani semua yang berhubungan dengan instalasi penangkal petir yang mana dengan adanya perubahan iklim yang signifikan yang di sebabkan adanya pemanasan global yang berefek dengan meningkatnya suhu udara dan menimbulkan lebih banyaknya instensitas petir untuk wilyah yang mempunyai suhu tropis seperti di negara kita Indonesia . Kami mempunyai tenaga ahli yang berkompeten dalam bidang pemasangan instalasi penangkal petir karena team kami sudah berpengalaman dan sudah melalui pelatihan yang di awasi oleh dinas ketenaga kerja. Mengapa pemasangan penangkal petir harus team ahli? Perlu kami jelaskan akan bahaya akan akibat dari sambaran petir, sambaran petir merukan kekuatan alam yang dahsat dan menghancurkan baik jiwa dan harta benda yang kita miliki. Kadang orang menganggap remeh dalam pemasangan penangkal petir, seperti tukang bangunan rumah tinggal yang biasanya menawarkan jasa pemasangan penangkal petir sekalian, memang tukang bangunan biasanya bisa memasang penangkal petir akan tetapi apa sudah memenuhi standar pemasangan kita tidak bisa mengetahuinya karena dalam pemasangan penangkal petir perlu ada pengujian dalam pemasangan penangkal petir itu sendiri.

Adapun layanan dalam instalasi pemasangan penangkal petir yang kami berikan meliputi :

1. PEMASANGAN PENANGKAL PETIR

Kami melayanai Pemasangan Penangkal Petir dengan menggunakan beberapa sistem, hal ini di sebabkan dalam memasang instalasi penangkal petir di perlu di perhitungkan beberapa aspek seperti luas area yang perlu di cover perlindungan terhadap sambaran petir dan cara pemasangan penangkal petir itu sendiri. Dalam pemasangan penangkal petir itu sendiri dapat di lakukan dengan cara langsung pada atap gedung maupun dengan tiang tunggal ( monopole ) yang berdiri sendiri dengan ketinggian tiang di sesuaikan dan  kondisi area yang akan di pasang penangkal petir, semakin tinggi tiang penyangga ataupun tiang tunggal akan semakin baik dalam mengcover area terhadap sambaran petir itu sendiri. Dalam pemasangan instalasi pemasangan penangkal petir harus di lakuakan pada titik tertinggi dari bangunan yang akan di pasang penangkal petir ataupun kalau memamakai tiang tunggal juga harus lebih tinggi dari bangunan di sekitar. Pemasangan serta konstruksi penangkal petir akan kami lakukan dengan menggunakan tenaga ahli yang bisa di pertanggung jawabkan hasil dari pekerjaannya pada user serta kami akan memberikan garansi sesuai dengan spesifikasi yang telah disepakati antara kami sebagai pemasang instalasi penangkal petir dengan user yang menggunakan jasa kami.
Sebelum kami memberikan penawaran dalam instalsi pemasangan penangkal petir kami akan melakukan surve terlebih dahulu lokasi yang akan di lakukan pemasangan, setelah surve kami akan memberikan pertimbangan atau reprenstasi terhadap user jenis atau sistem apa yang akan digunakan dalam pemasangan penangkal petir. Pertimbangan yang kami berikan antara lain kebutuhan head terminal yang akan di gunakan beserta instalasi pemasngan yang akan di gunakan, head terminal yang di gunakan tergantung pada area yang dilindungi dan jenis head yang di gunakan yang di suaikan dengan spesifikasi dan budged yang ada, selain head terminal perlu juga di pertimbangkan kabel penghantar penangkal petir itu sendiri. Dengan adanya pertimbangan dan masukan kami kepada user akan mendapatkan hasil yang instalasi yang handal dan kelayakan dalam instalasi pemasangan penangkal petir. Kami akan senantiasa akan terbuka akan permasalahan, pertanyaan, masukan ataupun kritik dari user dalam pemasangan penangkal petir sehingga akan menghasilkan sesuai yang di harapkan.

Dalam pemasangan instalasi penangkal petir sendiri mendapatkan pengawasan dari pihak Dinas Tenaga Kerja yang di atur dalam peraturan menteri tenaga kerja melalui Permenaker 02/MEN/1989, yang isinya mengenai dalam pemasangan penangkal petir harus mendapatkan rekomendasi dan persetujuan layak pakai dari pihak tenaga kerja setempat. Setelah mendapatkan persetujuan dari pihak disnaker setempat pihak disnaker akan menerbitkan surat ijin pemakain penangkal petir yang akan di berikan pada pihak pemakai penangkal petir ( user ) dan ijin pemakaian ini sebagai bukti bahwa seluruh instalasi penangkal petir yang terpasang sudah melalui uji layak pakai yang telah di suaikan dengan standar peraturan yang di gunakan sebagai acuan.

SISTEM PEMASANGAN PENANGKAL PETIR

Seperti kita ketahui dalam pemasangan penangkal petir dapat di lakuakan dengan beberapa sistem pemasangan yang di antaranya :

- Sistem Franklin Rod/konvensional

Pemakaina Sistem Franklin Rod/konvevsional merupakan pemasangan penangkal petir dengan sistem yang paling sederhana di bandingkan dengan sistem yang lainnya. Sistem penangkal petir Franklin Rod  merupakan sistem pemasangan yang pertama kali di gunakan dan merupakan sistim penangkal petir yang di temukan. Sistem Franklin rod sampai sekarang masih handal di gunakan karena kehandalannya, akan tetapi sistem ini mempunyai banyak kelemahan antara lain radius yang di cover relatif kecil dan sistem ini biasanya di aplikasikan untuk perumahan yang tidak membutuhkan area perlindungan yang luas. Sistem Franklin Rod di pasang satu titik penangkal petir yang kira kira radius covernya kuarang lebih 45" anara 5 meter sampai dengan 6 meter saja.

-Sistem Farady

Sistem farady merupakan penyempurnaan dari penangkal petir sistem Franklin Rod/konvensional yang di kembangkan untuk melindungi jangkauan yang lebih jauh, sistem Farady sendiri di apalikasikan untuk bangunan yang lebih luas dan panjang dengan cara memasang beberapa penangkal petir yang di sesuai dengan luas panjang bangunan dengan jarak pemasangan antara titik satu dengan lain sekitar 6 meter akan tetapi kalau di pasang lebih dekat akan lebih efektif dalam perlindungan terhadap sambaran petir. Pemasangan Penangkal Petir dengan sistem farady akan membutuhkan biaya yang lebih besar karena akan semakin banyak kabel penghantar yang di butuhkan serta penangkal petir itu sendiri  yang di gunakan.

- Sistem Elektrostatis

Dengan perkembangan jaman yang di sertai dengan kemajuan tehnologi maka di kembangkan sistem baru dalam pemasangan penangkal petir yang mampu menjangkau sambaran petir dengan jangkauan yang sangat luas, sehingga radius perlindungannya akan lebih luas daripada menggunakan dua sitem yang ada di atas sstem ini dinamakan sistem elektrostis. Sistem elektrostatis ini lebih ramah lingkungan karena sistem ini menggunakanteknologi Early Stremer Emission yang di kembangkan untuk menggantikan teknologi radioaktif. Seperti kita ketahui sebelum adanya sistem elektrostatis kita telah mengenal adanya sistem penangkal petir radioaktif yang sekarang penggunaanya di larang oleh pemerintah karena membahayakan manusia. Dalam pemasangan penangkal petir elektrodtatis akan lebih efektif dan lebih efesien serta lebih murah untuk perlindungan area yang sangat luas. Pemasangan sistem Elektrosttis sendiri dapat di pasang dengan pemasangan langsung di atap bangunan atau dengan tiang tersendiri ( monopole ) tergantung kebutuhan dan spesifikasi yang user ajukan. Sistem Elektrostatis sangat cocok di apalikasikan melindungi dari sambaran petir untuk daerah yang sangatlah luas seperti
  1. Area Pertambangan
  2. Lapangan golf
  3. Lapangan udara/bandara
  4. Kawasan industri
  5. Lapangan sepak bola
  6. Gedung bertingkat
  7. Hotel berbintang dll
Sistem Elektrostatis sangat di anjurkan karena sangat cocok untuk perlindungan daerah yang sangat luas dan lebih ekonomis yang tidak memerlukan biaya yang lebih banyak ( murah ) karena tidak di butuhkan material yang banyak dan dalam perawatanya lebih mudah.

Dari uraian beberapa sistem pemasangan di atas dapat di kondisikan sesuai kebutuhan dalam perencanaan pemasangan penangkal petir mulai dari sistem yang di gunakan beserta instalasi yang di pakai dalam pemasangan penangkal petir sehingga akan mendapatkan hasil yang maksimal dan perhitungan biaya yang perlu di keluarkan. Untuk itu kami akan memberikan penjelasan pada user sistem apa yang cocok dan tepat untuk di pilih sistem apa yang di gunakan untuk mendapatkan hasil yang sepurna.

2. PEMASANGAN SURGE ARESSTER

Surger Aresster sendiri merupakan alat perlindungan dari induksi dari sambaran petir yang mengenai instalasi area di luar perlindungan dari penangkal petir yang sudah terpasang seperti melalui jalur listrik yang berhubungan dengan gedung yang ada. Surge Arester sendiri berfungsi untuk menghambat atau menghentikan induksi dari arus lebih yang di sebabkan oleh induksi sambaran di luar area sehingga tidak akan timbul arus lebih yang akan menyebabkan konsleting sehingga tidak akan terjadi kebakaran ataupun kerusakan alat elektronik yang ada di adalamnya.
Dalam pemasangan surge aresster kami telah mempunyai tim yang berkompeten dan berpengalaman dalam pemasangan sehingga akan menjamin akan fungsi dan kegunaan  surge aresster tersebut, selain demi keamanan buat user yang melindungi jiwa yang ada di dalam ruang ataupun pabrik serta alat elektronik yang ada di dalamnya kami juga menjunjung tinggi keselamatan para tenaga ahli kita dengan menerapkan keselamatan kerja ( K3 ). Kita mengutamakan keselamatan kerja ( K3 ) karena dalam pemasangan surger aresster sendiri berhubungan dengan saluran listrik dengan tegangan tinggi maka kami perlu menepatkan ahli di bidang kelistrikan.
Pemasangan surger aresster di pasang oleh ahli yang berkopeten selain berhubungan dengan instalasi listrik yang bertegangan tinggi sebagaimana kita ketahui instalasi listrik merupakan bagaian terpenting maka harus di lakukan dengan cermat, cepat dan penuh perancanaan yang tepat sehingga instalasi surger aresster berfungsi sebagai mana mestinya dan tidak mengganggu sistem produksi perusahaan. Hal tersebut dalam pemasangan surger aresster harus memutus hubungan aliran listrik yang tersedia untuk beberapa saat.
Dalam memberikan pelayanan pemasangan surger aresster kami memberikan beberapa pilihan untuk material surger aresster itu sendiri dengan spesifikasi produk lokal atau produk impor yang di sesuaikan apa yang diinginkan oleh user/customer. Kami memberikan pelayanan surger aresster listrik dari tegangan rendah, tegangan sedang ataupun tegangan tinggi yang mempunyai kelistrikan 1 fase maupun 3 fase ataupun lebih.

3. PEMASANGAN GROUNDING SYSTEM/PEMBUMIAN

Dalam pemasangan instlasi penangkal petir Grounding System merupakan hal yang terpenting yang harus di lakukan, Grounding system sendiri berfungsi untuk melepaskan arus dari sambaran petir untuk di netralkan oleh tanah. Tim kami sangatlah paham dan ahli dalam prosedur dan tujuan sistem grounding sehingga dalam pelaksanaanya akan mewujutkan grounding yang standat dan sesuai spesifikasi grounding itu sendiri. Dalam pemasangan grounding sendiri melalui pengawasan Dinas Tenaga Kerja sebagai pengawas instalasi yang berhubungan dengan keselamatan kerja ( K3 ) yang menetepkan hasil grounding itu sendiri harus di bawah 5 Ohm. Mengapa hasil grounding harus di bawah 5 Ohm ? perlu kami jelaskan bahwasanya grounding sendiri sebagai alat penyebar dari arus sambaran petir itu sendiri untuk di sebarkan kedalam tanah yang merupakan sarana penetralisir dan akan efektif jika hasil grounding di di bawah 5 Ohm, hal ini agar terhindar dari loncatan lebih ( induksi ) dari arus samabaran itu sendiri.Pemasangan grounding itu sendiri mempunyai beberapa spesifikasi material yang di butuhkan dan di sesuakan dengan kebutuhan yang di inginkan oleh customer sendiri adapaun material yang di gunakan bisa menggunakan kabe Bc, Ground Rod, Copper rod yang di sesuakan dengan budget yang ada.
Kami melayani pemasangan grounding system baru, perbaikan grounding dari berbagai macam grounding seperti : grounding penangkal petir, grounding listrik, grounding mesin, grounding gedung, grounding server ( IT ), grounding antena radio dll, Kami akan memberikan pelayanan yang maksimal dengan tenaga ahli yang berkompeten di bidangnya degan harga yang kompetitif dan kami akan memberikan hasil yang maksimal sesuai standat karena kepuasan customer adalah komitmet perusahaan kami.

4. PEMBUATAN TIANG MONOPOLE

Kami juga melayani pembuatan tiang tunggal ( monopele ) untuk penyangga dalam pemasangan instalasi penangkal petir, di sebut monopole di karenakan kaki penopangnya hanya berjumlah satu atau bisa di sebut juga dengan tiang tunggal. Dalam instalasi pemasangan penangkal petir dengan sistem monopole perlu di perhitungkan tinggi tiang itu sendiri yaitu harus lebih tinggi dari bangunan tertinggi yang ada berkisaran lebih tinggi 5 meter dari bangunan tertinggi tersebut, akan lebih baik dan efektifnya penggunaan tiang monopole jika tinggi karena sambaran petir akan menyambar pada konstruksi yang paling tinggi. Pembuatan tiang monopole biasanya di aplikasikan dengan tinggi bekisar antara 15 meter sampai dengan 30 meter yang di sesuaikan dengan kebutuhan. Dalam pemsangan isntalasi dengan sistem monopole dapat di lakukan dengan beberapa teknik diantaranya teknik antena dengan menggunakan alat bantu yang di sebut ponpen ataupun menggunakan alat yang lebih modern dan cepat yaitu dengan alat crane akan tetapi akan memerlukan biaya yang lebih besar dan tidak semua lokasi bisa menggunakan alat crane ini. Pembuatan tiang tunggal ( monopole ) memerlukan bahan material pipa, sedangkan pipa sendiri terdiri berbagai macam jenis pipa yang di gunakan seperti pipa galvanis, pipa black steel, pipa scedule ( pipa PDAM ) tergantung dengan spesifikasi yang telah user berikan. Penyambungan tiang tunggal ( monopole ) dapat di lakukan dengan secara langsung ataupun dengan menggunakan flang antara sambungan pipa, hal ini juga di kerjakan sesuai dengan spesifikasi apa yang user berikan kepada kami.

5. PERBAIKAN PENANGKAL PETIR

Kami juga melayani perbaikan instalasi penangkal petir yang sudah terpasang yang mengalami kerusakan ringan hingga kerusakan berat untuk menjadikan standt kembali serta kami juga melayani perbaikn instalsi grounding system yang suadah terpasang. Kerusakan instalasi penangkal petir bisa di sebabkan karena kesalahan pada konstruksi dalam pemasangan atau bisa di sebabkan oleh alam yang sangat extrim ( angin, hujan ataupun kelembapan udara dan suhu ) pada daerah yang terpasang tersebut. Kami akan melakukan surve terlebih sebelum melakukan perbaikan instalasi penangkal petir apakah masih layak pakai atau sudah tidak layak pakai sehingga perlu adanya perbaikan. Adapun perbaikan yang kami lakukan meliputi :

- Tiang Penangkal Petir

Tiang penangkal petir bisa berfungsi puluhan tahun selama dalam kontruksi pembuatannya sesuai standat pemasangan dan menggunakan material yang baik pula dan pada kondisi dan lingkungan normal.Kerusakan pada tiang penangkal petir selain di sebabkan cuaca yang extrim bisa di sebakan karena korosi yang akan membuat kekuatan tiang berkurang dan bisa mengakibatkan robohnya tiang. Untuk menghindari korosi kami bisa melakukan dengan cara pengecatan ulang atau pengelasan sambungan pipa kembali biar tambah kokoh kembali dan tidak membahayakan lingkungan sekitar.

- Penggantian Head Terminal

Kerusakan head terminal bisa di sebabkan adanya sambaran yang berkali kalit dengan tingkat sambaran dahsat yang menyebakan kehancuran pada head terminaal itu sendiri atau bisa di sebabkan adanya kesalahan pada pemasangannya head terminal tersebut. Kerusakan head terminal yang di sebabkan oleh sambaran petir yang dahsat biasanya juga akan merusak kabel penghantar itu sendiri yang mengakibatkan kabel sampai ternakar dan tidak berfungsi kembali sebagai penghantar sambaran arus petir. Untuk itu percayakan pada kami ahlinya dalam pemasangan ataupun perbaikan/penggantian head terminal karena kami menepatkan ahli yang berkompeten dan menjunjung tinggi kepuasan customer dan tidak melupakan keselamtan kerja ( K3 ).

- Perbakian Grounding System

Kompunen grounding system merupakan kompunen terpenting dalam instalasi penangkal petir yang berfungsi sebagai penyebar arus sambaran untuk di sebarkan/di netralkan ke dalam tanah. Kerusakan grounding system biasanya  banyak di sebabkan oleh kesalahan konstrusi dan perencanaan grounding tersebut, kerusakan juga di pengaruhi oleh faktor lingkungan yang dalam hal ini kondisi tanah dengan tipe korosif yang menyebakan sistem pembumian/grounding semakin cepat termakan oleh korosifitas tanah yang menyebakan ketidak sempurnanya sistem pembumian /grounding itu sendiri.Untuk tanah yang mempunyai korosi yang tinggi di perlakuakan khusus sehingga system pembumian dapat bertahan lama. Percayakan pada kami yang mempunyai tenaga ahli yang berkompeten di bidangnya dan sudah melakukan pekerjaan ini di berbagai proyek yang telah kami kerjakan.

- Pemindahan Instalasi Penangkal Petir

Kami juga melayani pemindahan instalasi penangkal petir yang sudah terpasang untuk di pindah ke tempat lain sesuai keinginan user itu sendiri. Pemindahan biasanya di lakukan karena ada pengembangan usaha atau tambahan bangunan sehingga titik pemasangan akan berubah agar bisa melindungi daerah yang di lindungi secara efektif dan tepat. Untuk pemindahan instalasi penangkal petir yang masih berfungsi dengan baik tidak akan memerlukan biaya yang besar karena kami hanya memberikan jasa pemindahannya saja.

0 komentar:

Posting Komentar