Senin, 08 Agustus 2016

JUAL KABEL PENANGKAL PETIR BALI

Kami Melayani Kebutuhan Kabel Penangkal Petir wilayah -  BALI


Petir merupan gejala alam yang bisa kita analogikan dengan sebuah kondensor raksasa yang mana ada dua lempeng yaitu lempeng pertama adalah awan ( bisa lempeng bermuatan positif ataupun lempeng bermuatan negatif ) sedang lempeng ke dua adalah bumi yang bersifat penetral muatan.Seperti kita ketahui kapasitor merupan penyimpan energi sesaat ( Energy storange ).Petir atau biasa si sebut halintar biasanya muncul pada musim penghujan yang biasanya di dahuluhi cahaya kilatan yang terang kemudian di susul dengan adanya gemuruh suara yang menggelegar yang biasa kita sebut juga geluduk, petir ataupun halilintar. Perbedaan waktu antara kilat cahaya dan suara di karenakan ada perbedaan kecepatan antara cahaya dan suara.Proses terjadinya muatan di dalam awan di karenakan awan berjalan secara teratur dan selama berjalan akan berhubungan dengan awan awan lain yang mengakibatkan berkumpulnya muatan negatif di salah satu sisi entah itu ada di atas ataupun di bawah, sedangkan muatan positif ada di sisi lainnya. Apabila ada perbedaan potensial besar antara awan dan bumi akan mengakibatkan terjadinya pembuangan muatan negatif atau disbut juga elektron. Dalam pembuangan elektron ini udara merupakan media yang dilalui dalam proses pembuangan, apabila pada saat pembuangan muatan elektron dapat menembus isolasi udara maka akan terjadi suara ledakan atau yang biasa kita sebut guntur,halilantar atau petir.
Petir merupakan gejala alam yang bisa membahayakan makluk hidup ataupun benda benda ataupun gedung tinggi ataupun rumah tinggal kita sendiri, akan tetapi petir juga bisa di kendalikan. Dengan kemajuan tehnologi manusia dapat menciptakan sebuah alat yang biasa kita sebut dengan penangkal petir. Istilah penangkal petir sebernarnya adalah salah kaprah yang sebernarnya alat tersebut merupakan penghantar petir. Dalam penghantar petir dari head biasanya ada instalasi penghantar yaitu kabel penghantar sambaran arus petir yang di salurkan ke grounding system. Adapun kabel yang di gunakan antara lain :


1.KABEL BC

Kabel Bc termasuk jenis kabel penghantar arus petir untuk di salurkan ke grounding system sambaran dalam pemasangan instalasi penangkal petir. Kabel BC sendiri mempunyai karakteristik tanpa ada isolator ( telanjang ). Jadi kabel ini hanya inti kabel saja tanpa ada isolator yang melindunginya yang biasa di sebut bare core. Kabel BC biasanya di aplikasikan untuk kabel penghantar instalasi penangkal petir konvensional ( runcing ) yang biasanya untuk rumah tinggal yang mempunyai radius perlindungan yang lebih kecil. Dalam pemasangan penangkal petir dengan kabel BC bisa menggunakan kabel penampang ukuran mulai dari 25 mm, 35 mm, 50 mm.Hanya saja kabel BC yang tidak mempunyai isolator perlindungan dikawatirkan terjadinya induksi dan loncatan arus pada material konduktor, akan tetapi bisa  sedikit di atasi dengan membungkus kabe BC tersebut dengan menggunakan pipa PVC listrik.




2.KABEL NYA

Kabel NYA termasuk jenis kabel penghantar arus sambaran petir yang mempunyai isolator tunggal atau satu isolator yang berfungsi melindungi loncatan induksi dan loncatan inti arus antara inti kabel dengan material di sekitarnya. Kabel NYA dapat dapat dilihat dari kodenya yaitu YA yang ada pada kabel.Sedangkal kabel NYA yang di gunakan dalam instalasi penangkal petir diantanya ukuran 50 mm, 70 mm, 90 mm, 120 mm tergantung spesifikasi yang di tawarkan yang di sesuakan dengan budged yang ada, semkain besar kabel penghantar yang di gunakan semakin efektif juga penyaluran arus sambaran itu sendiri.






3. KABEL NYY

 Kabel NYY termasuk jenis kabel penghantar arus sambaran petir yang mempunyai dua isolator yang karakteristknya berfungsi melindungi dari induksi dan loncatan arus antara inti kabel dengan material lain di sekitarnya. Dengan adanya dua isolator loncatan induksi bisa di redam seminim mungkin dan bahkan nyaris tidak adanya induksi dari loncatan arus, kabel NYY bisa di lihat kode yang tertera pada kabel yaitu YY. Dalam pemasangan instalasi penangkal petir bisa menggunakan kabe penghantar NYY dengan ukuran 50 mm, 70 mm, 90 mm, 120 mm tergantung spesifikasi yang di butuhkan dan sesuai dengan budged yang ada, semakin besar penampang kabel maka semakin besar kemungkinan untuk tidak terjadinya induksi serta besarjuga biaya yang akan di keluarkan semua di sesuikan dengan budged yang ada.




4. KABEL COAXIAL

 Kabel COAXIAL sendiri termasuk kabel penghantar arus sambaran petir dengan spesifikasi tinggi yang mempunyai kualitas terbaik diantara jenis kabel penghantar arus penangkal petir lainnya. Kabel coaxial sendiri mempunyai karakteristik banyak isolator, konduktor inti kabel coaxial mempunyai dua buah yang masing masing mempunyai penampang 35 mm, yang mana terdapat suatu rangkaian isolator yang terdiri dari banyak material menjadi satu kesatuan isolator pada kabel yang berfungsi melindungi loncatan arus antara inti kabel dengan material di sekitar dengan sifat konduktor ( penghantar ). Kabel coaxial biasanya di aplikasikan untuk instalasi penangkal petir yang mempunyai spek tinggi dan membutuhkan budged yang besar, sedang kabel coaxial sendiri pada umumnya mempunya ukuran 2 x 35 mm

tag,







 

0 komentar:

Posting Komentar